PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT BINA NUSANTARA

Cari Blog Ini

Saturday 12 January 2019

Keaksaraan Fungsional


Keaksaraan secara luas didefinisikan sebagai pengetahuan dasar dan keterampilan yang diperlukan oleh semua. Lebih lanjut dikatakan bahwa keaksaraan merupakan keterampilan yang diperlukan pada dirinya dan salah satu fondasi bagi keterampilan-keterampilan hidup yang lain. Keaksaraan adalah kemampuan seseorang dalam membaca, menulis dan berhitung. Seseorang yang buta aksara adalah orang yang tidak dapat membaca, menulis dan berhitung dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang melek huruf adalah orang yang dapat membaca maupun menulis kalimat sederhana dan berhitung.Napitupulu (1998:4). 
Kebanyakan dari masyarakat yang menyandang masalah keaksaraan adalah meraka yang berusia 14 s.d 65 tahun belum memiliki kemampuan literasi yang baik seperti ; membaca, menulis dan berhitung. Dalam pengertian awam penyandang masalah keaksaraan lebih populer dengan sebutan buta aksara. 

Prifil Kegitan  Keaksaraan Fungsional
Sumber : Imran Haris 24 Oktober 2016
https://tentangpls.wordpress.com/2016/10/24
Sumber : 
Forum Komunikasi Tutor Pendidikan Keaksaraan Pusat
Sumber : Visiuniversal 
Delapan Prinsip Belajar Orang Dewasa
Sumber : Ilustrasi Nasional Harian Penerbit
Kegiatan Belajar KF Tulung Agung
Sumber : www.nfosumber.net 2013

Indek Pembangunan suatu bangsa terdiri : pendidikan, kesehatan & ekonomi, pendidikan diukur salah satunya dengan rata-rata lama sekolah, kemampuan literasi melak membaca, menulis & berhitung. Jika saja setiap tahun masih terdapat masyarakat yang masih buta aksara dalam jumlah yang besar dan tidak mengalami penurunan tentunya negara kita ini masih ditertinggal jauh dari negara lain dalam kontek peningkatan kualitas pendidikan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews