STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
DASAR
PROGRAM PAKET A
01. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan
umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang
bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi
kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan
setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan
baik pendidikan di lingkungan keluarga, di Satuan pendidikan nonformal
penyelenggara pendidikan kesetaraan maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi
spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup
etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama.
Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman
nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual
tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang
dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan
mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk
mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta
bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis,
saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun
sosial. Tuntutan
visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang pendidikan yang secara nasional ditandai dengan
ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain
penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang
tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan
untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan
kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan
menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan
akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya
dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu
diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang
muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam
lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat
mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat
dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur pendidikan, orang tua peserta didik dan
masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan
Pendidikan Agama Islam.
B.
Tujuan
Pendidikan Agama
Islam di Paket A bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2.
mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas kependidikan.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah
SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1. Menyebutkan, menghafal,
membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat
Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2. Mengenal dan meyakini
aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan
Qadar
3. Berperilaku terpuji dalam
kehidupan sehari-hari serta menghindari
perilaku tercela
4. Mengenal dan melaksanakan
rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata
cara pelaksanaan ibadah haji
5. Menceritakan kisah
nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah
tokoh orang-orang tercela dalam keh
E. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Menghafal
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1
Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2
Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
2.
Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek
pilihan
|
2.1
Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
2.2
Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
2.3
Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
3.
Menghafal Al Qur’an
|
3.1
Mengenal huruf Hijaiyah
3.2
Mengenal tanda baca (harakat)
|
4.
Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
|
4.1
Membaca huruf hijaiyah bersambung
4.2
Menulis huruf hijaiyah bersambung
|
5.
Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
|
5.1
Membaca kalimat dalam Al Qur’an
5.2
Menulis kalimat dalam Al Qur’an
|
6.
Mengenal ayat-ayat AlQur’an
|
6.1
Membaca huruf Al Qur’an
6.2
Menulis huruf Al Qur’an
|
Aqidah
7. Mengenal
Rukun Iman
|
|
7.1
Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
7.2
Menyebutkan enam Rukun Iman
7.3
Menghafal enam Rukun Iman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8.
Mengenal dua kalimat syahadat
|
8.1
Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat
rasul
8.2
Menghafal dua kalimat syahadat
8.3
Mengartikan dua kalimat syahadat
|
9.
Mengenal
Asmaul Husna
|
9.1
Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
9.2
Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
10.
Mengenal
Asmaul Husna
|
10.1
Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
10.2
Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
11.
Mengenal
sifat wajib Allah
|
11.1
Menyebutkan lima sifat wajib Allah
11.2
Mengartikan lima sifat wajib Allah
|
12.
Mengenal
sifat mustahil Allah
|
12.1
Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
12.2
Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
|
Ahlak
13.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
13.1
Membiasakan perilaku jujur
13.2
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
13.3
Membiasakan perilaku hidup bersih
13.4
Membiasakan perilaku disiplin
|
14.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
14.1
Menampilkan perilaku rajin
14.2
Menampilkan perilaku tolong-menolong
14.3
Menampilkan perilaku hormat terhadap orang
tua
14.4
Menampilkan adab makan dan minum
14.5
Menampilkan adab belajar
|
15.
Mencontoh perilaku terpuji
|
15.1
Menampilkan perilaku rendah hati
15.2
Menampilkan perilaku hidup sederhana
15.3
Menampilkan adab buang air besar dan kecil
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
16.
Membiasakan perilaku terpuji
|
16.1
Mencontohkan perilaku hormat dan santun
kepada tenaga kependidikan
16.2
Menampilkan perilaku sopan dan santun
kepada tetangga
|
17.
Membiasakan perilaku terpuji
|
17.1
Menampilkan perilaku percaya diri
17.2
Menampilkan perilaku tekun
17.3
Menampilkan perilaku hemat
|
18. Membiasakan perilaku
terpuji
|
18.1
Menampilkan perilaku setia kawan
18.2
Menampilkan perilaku kerja keras
18.3
Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
18.4
Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan
|
Fiqih
|
|
19. Mengenal tatacara
bersuci (thaharah)
|
19.1
Menyebutkan pengertian bersuci
19.2
Mencontoh tatacara bersuci
|
20.
Mengenal Rukun Islam
|
20.1
Menirukan ucapan Rukun Islam
20.2
Menghafal Rukun Islam
|
21.
Membiasakan bersuci (thaharah)
|
21.1
Menyebutkan tata cara berwudlu
21.2
Mempraktekkan tata cara berwudlu
|
22.
Mengenal tatacara wudhu
|
22.1
Membiasakan wudhu dengan tertib
22.2
Membaca do’a setelah berwudlu
|
23.
Menghafal bacaan shalat
|
23.1
Melafalkan bacaan shalat
23.2
Menghafal bacaan shalat
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
24
Membiasakan shalat secara tertib
|
24.1
Mencontoh gerakan shalat
24.2
Mempraktekkan shalat secara tertib
|
25
Melaksanakan shalat dengan tertib
|
25.1
Menghafal bacaan shalat
25.2
Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat
|
26
Melakukan shalat fardhu
|
26.1
Menyebutkan shalat fardhu
26.2
Mempraktikkan shalat fardhu
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
1.1
Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2
Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
|
2.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
2.1
Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
2.2
Membaca QS An-Nashr dengan lancar
2.3
Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
3.
Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
3.1
Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
3.2
Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
4.
Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
|
4.1
Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
4.2
Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil
|
5.
Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
|
5.1
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
5.2
Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat
1-5
|
6.
MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
|
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat
ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al- Hujurat ayat 13
|
Aqidah
7.
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
|
7.1
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
7.2
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8.
Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
8.1
Menjelaskan pengertian Malaikat
8.2
Menyebutkan nama-nama Malaikat
8.3
Menyebutkan tugas-tugas Malaikat
|
9.
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
9.1
Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
9.2
Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima
kitab-kitab Allah SWT
9.3
Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
10.
Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
|
10.1
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
10.2
Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
10.3
Membedakan Nabi dan Rasul
|
11.
Meyakini adanya Hari Akhir
|
11.1
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
11.2
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
|
12.
Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
12.1
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
12.2
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan
Qadar
|
Tarikh
13.
Menceritakan kisah Nabi
|
13.1
Menceritakan kisah Nabi Adam AS
13.2
Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad
SAW
13.3
Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
|
14.
Menceritakan kisah Nabi
|
14.1
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
14.2
Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
15.
Menceritakan kisah Nabi
|
15.1
Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
15.2
Menceritakan kisah Nabi Musa AS
15.3
Menceritakan kisah Nabi Isa AS
|
16.
Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
16.1
Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
16.2
Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA
|
17.
Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal,
dan Musailamah Al Kadzab
|
17.1
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu
Jahal
17.1
Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
|
18.
Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum
Anshar
|
18.1 Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
18.2
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
19.
Membiasakan perilaku terpuji
|
19.1
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
19.2
Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW
|
20.
Membiasakan perilaku terpuji
|
20.1
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
20.2
Meneladani Nabi Ismail AS
|
21.
Membiasakan perilaku terpuji
|
21.1
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
21.2
Meneladani perilaku Nabi Musa AS
21.3
Meneladani perilaku Nabi Isa AS
|
22.
Membiasakan perilaku terpuji
|
22.1
Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
22.2
Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
|
Akhlak
23.
Menghindari perilaku tercela
|
23.1
Menghindari perilaku dengki seperti Abu
Lahab dan Abu Jahal
23.2
Menghindari perilaku bohong seperti
Musailamah Al Kadzab
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
24.
Membiasakan perilaku terpuji
|
24.1 Meneladani
perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
24.2
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum
Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Fiqih
25.
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
25.1
Menyebutkan rukun shalat
25.2
Menyebutkan sunnat shalat
25.3
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib
shalat
25.4
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
|
26.
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
26.1
Melakukan dzikir setelah shalat
26.2
Membaca do’a setelah shalat
|
27.
Mengumandangkan
adzan dan iqamah |
27.1 Melafalkan
lafal adzan dan iqamah
27.2 Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
28.
Mengenal puasa wajib
|
28.1
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa
Ramadhan
28.2
Menyebutkan hikmah puasa
|
29.
Mengenal ibadah pada
bulan Ramadhan |
29.1
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
29.2
Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an
|
30.
Mengetahui kewajiban zakat
|
30.1
Menyebutkan macam-macam zakat
30.2 Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
F. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada
masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK)
secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang
dimaksud. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 komentar:
Post a Comment