Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari Program Paket A sampai Program Paket
B. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang
berkaitan dengan isu sosial. Pada Paket A mata pelajaran IPS memuat materi
Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta
didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi
tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan
setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan
pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial
masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis,
komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan
keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut
diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam
pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial
3. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Manusia,
Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu,
Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial
dan Budaya
4. Perilaku
Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
- Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
- Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan
lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
- Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
- Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
- Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman
suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
- Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
- Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia
Tenggara serta benua-benua
- Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara
tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9. Memahami peranan Indonesia di era
global
E. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Standar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.
Memahami
identitas diri dan keluarga, serta
sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
1.1
Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
1.2
Menceriterakan
pengalaman diri
1.3
Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1.4
Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
|
2.
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
2.1
Menceritakan
kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
2.2
Mendeskripsikan letak rumah
2.3
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
3. Memahami peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis
|
3.1
Memelihara
dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
3.2
Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
3.3
Menceritakan
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
4.
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga
dan lingkungan tetangga
|
4.1
Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga
4.2
Menceritakan
pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga
4.3
Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
|
5.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar tempat tinggal
|
5.1
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar tempat tinggal
5.2
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar tempat tinggal
5.3
Membuat
denah dan peta lingkungan tempat tinggal
5.4
Melakukan
kerjasama di lingkungan tempat tinggal
|
|
6.
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
6.1
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
6.2
Memahami pentingnya semangat kerja
6.3
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan tempat tinggal
6.4
Mengenal sejarah uang
6.5
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1
Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
1.2
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial dan budaya
1.3
Menunjukkan jenis dan persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat
1.4
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
1.5
Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dan menjaga kelestariannya
1.6
Meneladani
kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
|
2.
Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
|
2.1
Mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
2.2
Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
2.3
Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
2.4
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
3.1
Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
3.2
Menceriterakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
3.3
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta
pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan
media lainnya
3.4
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
3.5
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
4.
Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan
kemerdekaan Indonesia
|
4.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
4.2
Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
4.3
Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
4.4
Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
5.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara
di Asia Tenggara, serta benua-benua
|
5.1
Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia
5.2
Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
5.3
Mengidentifikasi benua-benua
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Memahami
gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
6.1
Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
6.2
Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
|
7.
Memahami
peranan bangsa Indonesia di era global
|
7.1
Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia
7.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
F. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada
masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK)
secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat yang
dimaksud. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 komentar:
Post a Comment